Selasa, 15 Mei 2018

author photo


Kalori dan Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa Ramadhan


Kalori dan nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa – tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan, bulan dimana umat islam menahan hawa nafsu nya. pada bulan ramadhan ini kita yang biasanya makan sekitar tiga atau bahkan empat kali makan dalam sehari, menjadi dua kali sehari, pada saat sahur dan berbuka puasa.

Pada perubahan pola makan ini biasanya sering disalah gunakan oleh beberapa orang. Banyak yang menganggap jika pada bulan puasa kita mengkonsumsi makanan dengan lebih sedikit dari hari biasanya, sehingga pada saat berbuka puasa porsi makanan yang disantapnya cenderung berlebih. Namun pada kenyataannya kebutuhan tubuh terhadap kalori saat berpuasa masih tetap sama dengan apa kebutuhan kalori pada hari-hari biasa saat tidak berpuasa. Pada umumnya, kebutuhan kalori pada orang dewas sekitar 1.500 sampai dengan 2.500 kkal dari setiap harinya.

Untuk ibu hamil, secara otomatis cairan serta nutrisi yang dibutuhkan pun akan berkurang saat berpuasa. Maka dari itu, jika ibu hamil ingin berpuasa, adabaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, guna melihat kondisi janin.
Sedangkan jika untuk anak-anak yang aktif berpuasa, bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing anaknya. Jangan terlalu untuk memaksakan anak anda tidak makan selama sehari, karena dikhawatirkan dapat mendatangkan penyakit.




Sedikit tips agar anda bisa tetap aktif berpuasa, baik dalam memilih makanan serta minuman yang bisa menunjang produktivitas anda saat berpuasa seharian :

Penuhi kebutuhan energi harian, seperti karbohidrat kompleks yang terdapat dari makanan dengan bahan gandung, kemudian buah-buahan pisang, dan umbi-umbian.
Hindari gorengan serta makanan yang mengandung santan secara berlebih saat berbuka puasa, guna menghindari perut terlalu penuh.
Minumlah 8 gelas (saat sahur dan berbuka 2 gelas, saat makanan malam 2 gelas, dan sebelum tidur 2 gelas).
Penuhi juga kebutuhan serat dari macam-macam sayur guna mencegah konstipasi
Kurangi untuk mengkonsumsi banyak kafein, ataupun makanan dan minuman manis dalam jumlah berlebih.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat berpuasa. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi segala kebutuhan tubuh terutama kalori serta asupan nutrisi supaya dapat selalu produktif walaupun sedang berpuasa.

Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat dan silahkan untuk dibagikan

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post