Jumat, 20 April 2018

author photo


Macam-macam Makanan Yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Makanan yang menyehatkan bagi tubuh – makanan merupakan hal pokok yang dibutuhkan tubuh untuk melangsungkan kehidupan manusia. Jenis-jenis dari makanan ini pun banyak sekali, mulai dari seafood, junk food, dan lain-lain. Namun tentunya asupan gizi yang dimiliki dari setiap jenis makanan akan berbeda-beda.
Memilih jenis makan yang memiliki gizi tinggi sangat baik dalam menjaga kesehatan. Tetapi sebaliknya, jika kita memakan makanan yang berminyak, tinggi kalori, ataupun seperti junk food maka akan merusak kesehatan. Maka kita harus cerdas-cerdas dalam memilih makan, memang jika kita lihat itu hanya sepele. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang maka akan menimbulkan efek dikemudian hari. jadi jangan sampai anda menyesal ya, pilihlah makanan sehat yang mengandung gizi dan vitamin tinggi yang berguna bagi tubuh.

Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat dibawah ini merupakan macam-macam makanan yang menyehatkan bagi tubuh

MACAM MACAM MAKANAN SEHAT


1. Ikan

Ikan merupakan makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Untuk jenis dari ikan itu seperti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Kandungan omega 3 banyak terdapat pada ikan tersebut. Omega-3 itu sangat bermanfaat untuk anda konsumsi. Mencegah tersumbatnya aliran darah merupakan contoh kecil manfaat dari Omega-3.

2. Buah-buahan

Jika kita menjenguk teman kita yang sedang sakit, biasanya kita akan membawa buah-buahan bukan?, Buah-buahan memang bukan hal yang aneh lagi dalam dunia kesehatan. Hal itu karena buah-buahan banyak mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagian contoh buah diataranya seperti

  • buah apel yang mengandung vitamin C, quecertin dan plavanoid yang dapat mencegah kanker.
  • alpukat yang mengandung mineral serta vitamin tinggi dan ditambah dengan vitamin B6, B5, B9, C, E dan K.
  • Blueberry merupakan buah yang banyak dijumpai dinegara bagian Eropa dan Amerika, buah ini berukuran kecil dan berwarna biru tua atau ungu. Banyak manfaat yang terkandung dalam buah ini, mengandung banyak mineral dan beberapa vitamin seperti B1, B2, B3 serta B6, C, E dan K. Kemudian ada Lemak Nabati dan Karbohidrat juga
  • Lalu ada stroberi, buah yang dipercaya untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini juga disebut-sebut sebagai buah yang rendah akan kalori sehingga termasuk makanan sehat. Buah stroberi ini mengandung fenol yang mampu mengatasi peradangan atau inflamsi.
  • Buah lainnya yang mengandung banyak manfaat seperti jeruk, tomat, semangka dan lain-lain.


3. Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan yang bisa untuk anda konsumsi, salah satunya adalah kacang merah. Kacang merah ini cukup banyak dan mudah kita jumpai dipasar-pasar tradisional. Kemudian ada juga kacang lamond. Kedua kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup baik jika anda mengkonsumsinya. Kacang tersebut akan mencegah anda dari penyakit jantung serta kanker. Selain itu ada juga tahu dan tempe yang merupakan makanan khas dari indonesia yang terbuat dari kacang kedelai.

4. Sayur-sayuran

Sama hal nya seperti buah, sayuran pun sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia kesehatan. Gizi dan vitamin banyak terkandung didalamnya, namun perlu diperhatikan untuk sayuran-sayuran tertentu yang tidak boleh memakai saus dan keju secara berlebih, kemudian ada pula sayuran yang tidak baik untuk dipanaskan jika sudah dingin.

Sayur-sayuran dengan gizi dan vitamin yang baik diantaranya seperti

  • Brokoli, salah satu sayuran hijau dengan kandungan vitamin A dan C, juga Kalsium dan potasium.
  • Labu, makanan sehat yang mengandung banyak serat, mineral, vitamin serta kaya akan antioksida. Kalori yang terkadung pun terbilang rendah, tidak banyak kolesterol dan lemak jenuh.
  • Wortel, kandungna dalam wortel sudah tidak perlu diragunakan lagi. Wortel ini sangat baik bagi pencernaan, merawat kulit halus, mengatasi jerawat, rambut rontok dan yang banyak dikenal seperti menjaga kesehatan mata.
  • Jenis sayuran lainnya seperti bayam, sawi, dan lain-lain.


5. Cokelat

Seperti yang kita ketahui, coklat ini biasanya banyak diminati oleh anak-anak. Cokelat memang jarang terdengar ditelinga kita, bahwa bermanfaat bagi kesehatan. Namun fakta berkata lain, manfaat yang bisa kita rasakan adalah kesehatan untuk tubuh. Cokelat mengandung antioksida yang berupa flavonoid dan fenol yang mampu menangkis radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksida yang terdapat pada coklat ini 3 kali lipat lebih banyak dari antioksida yang terdapat dalam teh hijau, yang nyatanya selama ini teh hijau kita anggap sebagai antioksida utama.
Fenol yang terkandung pun berguna mengurangi angka kolesterol darah, sehingga dapat mengurangi resiko jantung serta pencegahan bagi timbulnya kanker dalam tubuh.
Kandungan lainnya yang terdapat dalam cokelat adalah Vitamin A, B1, C, D, E zat besi kalium serta kalsium.

Pemilihan cokelat yang baik tentunya sangat diperlukan, demi mencegah efek samping yang banyak kita dengar seperti obesitas.


Itulah daftar makanan sehat bagi tubuh, semoga bermanfaat dan silahkan untuk dibagikan

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Next article Next Post
This Is The Oldest Page